Hemat space hosting wordpress, dengan metode penyimpanan berkas berbasis obyek dengan protokol S3

Pusing dengan biaya hosting yang bener – bener membengkak, karena kondisi saat ini sedang pandemi dan projek sedang sepi repot juga mikirin tagihan hosting yang besar :).

Ahirnya setelah riset kesana kesini, solusinya ada di protokol S3 tempat penyimpanan murah dengan cloud storage.

Dengan metode penyimpanan berkas berbasis obyek cloud storage tentusaja ini jauh lebih modern dibanding dengan penyimanan pada umumnya yang masih traditional clod storage lebih mudah untuk 50Gb nya diharga cukup dengan Rp. 50.000,- ini lebih murah dibanding hosting biasa.

harga layanan S3 cloud kilat

Tapi masalah baru muncul karena isi website sudah sangat banyak file terutama yang menyita banyak space adalah gallery pada wordpress, untuk memindahkan ke S3 storage ini sangatlah merepotkan pemindahan dengan manual satu satu juga memakan waktu lama.

Untungnya ada plugin untuk menangani ini semua yaitu dengan media cloud plugin wordpress.

Versi gratisnya hanya dapat melayani file file yang baru kita upload, tetapi untuk upload file yang sudah ada pada local untuk dipindahkan ke cloud membutuhkan basic service seharga $4 kurang lebih.

Menu baru akan muncul yaitu migrate to storage, feature ini yang digunakan untuk memindah semua gallery kita ke dalam Cloud Storage dengan Protokol S3.

Setelah migrasi semua file akan ter upload dalam S3 semua file akan ada dalam cloud storage.

tampilan S3 Browser

Gimana cukup mengiurkan bukan, ngirit banyak untuk kebutuhan hosting.