8 Hari Mengarungi Lautan

ini ke 2 kalinya mengunjungi kepulaun Komodo melalui lombok, memang jauh namun yang namanya  perjalanan harus dinikmati apa lagi bersama orang – orang baru yang baru pertama dikenal tentu saja ceritanya akan beda.

8 Hari dilaut cukup membuat kulit sedikit menjadi coklat, ini kenang – kenangan yang didapat kalo sudah jalan yang ada hubungannya sama lautan.

perjalanan pertama dari lombok menuju labuan bajo mengunakan kapal Halma Jaya, kapalnya cukup luas cukup jika untuk 45 orang, biar nggak penasaran nih gambarnya.

KLM Halma Jaya Lombok

perjalanan pertama kita singgah di pulau KENAWA, banyak orang ingin berfoto di pulau ini apa lagi kalo sedang hijau rerumputannya berasa kayak karpet jika dipandang dari atas bukit Kenawa.

pulau kenawa indoensia lombok

Perjalanan selanjutnya kita menuju air terjun Mata Jitu, sekitar 8 – 9 jam ditempuh jalur laut jika ingin mengunjungi air terjun Mata Jitu. Lokasinya di Pulau Moyo, kepulaun Sumbawa. Kata salah satu kampten kapal “Parewa” di pulau Moyo banyak ular Pitonnya panjangnya bisa sampe 6 – 8 Meter.

Dari desa meuju air terjun cukup jauh butuh waktu 1 jam jika jalan kaki karena jarak yang di tempuh 7Km, tapi buat yang nggak mau capek bisa naik ojek lumayan mahal dikenakan biaya 80.000 bolak – balik.

air terjun mata jitu moyo

Setelah Mata Jitu kita melanjutkan perjalanan menuju Gili Laba, ini perjalanan paling panjang kita harus menempuh 16 jam itu juga kalo tidak melawan arus (hati hati yang mabuk laut hehe..)

Gili Laba

hari ke 3 ini adalah hari terpadat karena kita mengunjungi 4 lokasi sekaligus dalam 1 hari. Selanjutnya setelah Gili Laba adalah Manta Point, kita memang sedang tidak beruntung tidak banyak manta yang bisa kita lihat disini (maaf nggak ada fotonya)

Setelah manta point kita menuju ke pink beach, pantai dengan pasir pink yang menawan.

pink beach komodo

Pantai ini juga memili underwater yang luar biasa, jam terbaik kepantai ini sebenarnya jam 2 keatas pada saat air surut karena kita lebih nyaman snorkling dengan jarak pandang 1 meter.

DCIM105GOPROGOPR0097.

DCIM105GOPROGOPR0148.

Setelah kita puas dipantai pink kita lanjut ketujuan selanjutnya yang nggak kalah lebih epic, yaitu PADAR!

DCIM105GOPROGOPR0091.

foto foto ini diambil saat sunset di padar, selesai kita sunsetan di Padar kemudian kembali kekapal dan bermalam dikapal.  Paginya kita kembali lagi naik ke Padar, di pagi hari jauh lebih bagus karena cahaya langsung ke muka kita dan background foto kita adalah pulau padar.

Perjalanan selanjutnya kita ke pulau Rinca, disinilah kita bertemu sama KOMODO klimak dari seluruh trip ini adalah bertemu komodo.

nonton komodo tidur….

Perjalanan pulang menuju Labuan Bajo  ada pulau bagus pilihan lain selain pulau Kanawa yaitu pulau Kelor

DCIM105GOPROGOPR0091.

pulau Kelor memiliki hamparan pasir putih yang memanjang menjorok kelaut dan terendam air laut sebatas lutut, jadi ini mirip dengan kolam air alami cocok sekali untuk bermain air tapi untuk penikmat snorkling pulau kelor menurut gue sih kurang begitu wow jika dibandingkan dengan pink beach.

Perjalanan ahirnya usai kita sampai di Labuan Bajo, ini pelabuhan memiliki romantisme indah dikala senja.

labuan bajo

Untuk mencari penginapan di Labuan Bajo sebenarnya tidak terlalu sulit banyak penginapan di Labuan Bajo yang dapat ditemui mulai dari yang 60.000 (jangan pilih yang murah karena jelas nggak nyaman untuk tidur) sampai dengan 250.000, agar istirhatnya nyaman sebelum pilih kamar sebaiknya liat dulu dalemnya apakah itu nyaman atau tidak jangan sampai salah pilih malah tidur nggak nyaman (pengalaman pribadi pilih kamar 60.000 itu nggak nyaman untuk istirahat)

Sempat  2 malam di Labuan Bajo sama sekali nggak ada waktu untuk jalan – jalan ke tempat – tempat menarik disini di sekitar Labuan Bajo, banyak urusan yang harus di urus belum lagi baju sudah mulai habis.

Hari berikutnya trip dimulai kembali tapi hanyak dibalik dari Labuan Bajo menuju Lombok,untuk kali ini trip tidak semulus yang dibayangkan karena ada masalah dengan kapal yang akan dipakai. Kedatangan kapal telat lumayan cukup lama untungnya (masih untung) tidak ada spot yang kita hilangkan.

Spot pertama adalah pulau Kanawa.

Kanawa Labuan BajoKanawa Labuan Bajo 2

kalau dibilang bagus banget nggak juga, ke unikan Kanawa sebenarnya terletak pada dermaganya yang panjang menjorok kelaut ini yang menjadi spot foto menarik.

setelah kanawa kita melanjutkan ke pulau Rinca untuk melihat komodo, karena dibalik jadi tour di kepulauan komodonya diawal. Kita bermalam di padar kurang begitu beruntung dipagi hari sun rise tidak muncul dengan sempurna, setelah Padar kita berlanjut ke pink beach dan kemudian manta poin. Di Manta Poin kita bisa melihat manta dengan jelas dari atas kapal dan itu benar – benar dekat di sisi kapal, tapi saat kita mencoba melihat lebih dekat turun ke luat mantanya sudah pada kabur entah kemana.

Sesampainya di Gili Laba untuk sunsetan sedikit mendungsih cuma kita masih beruntung mendapatkan golden momen sunset Gili Laba.

gili laba sore hari

memang keberuntungan tidak berpihak kepada kami di ending ada yang berbeda karena kondisi kapal dan waktu yang menjadikan kita tidak bisa ke Mata Jitu (mohon maaf ) ahirya kita ke Air Terjun Sangalo,

DCIM105GOPROGOPR0288.

untungnya di tengah kekecewaan ini kita disuguhi oleh alam pemandangan cantik sunset dipulau moyo dan underwater yang cantik juga di bibir pantai.

Perjalanan dilanjutkan kembali, tujuan terahir pulau kenawa pagi dan sore ternyata memang berbeda faktor cuaca juga yang mungkin menjadikan bila foto dipulau ini berbeda.

kenawa lombok

Trip pun berahir di pelabihan Kayangan Lombok…

dan ini dia kami yang bersama sama mengarungi sebagian laut jawa

trip komodo 30 April 2016

trip komodo 5 meil 2016Terima kasih telah menjadi bagian dari perjalanan panjang 4 hari 3 malam bro and sis! sampai jumpa lagi maaf bila ada salah – salah kata dan perbuatan.

***maaf jika tata bahasanya kacaw